Saturday, February 24, 2018

materi, pengertian, mengenai Logika Fuzzy Kecerdasan Buatan



                      
                        Terimakasih masih setia mengunjung blog ini, artikel yang anda tuju sekarang mengenai mata kuliah kecerdasan Buatan, salah satu materi yang dibahas yaitu Logika Fuzzy.
Tentunya bagi anda yang lulusan SMA dan masuk Perguruan Tinggi khususnya jurusan System Computer maupun Sistem Informasi pasti terlintas bingung sekilas mendengar apa itu Logika Fuzzy. Nah untuk itu penulis sudah sediakan materi mengenai Logika Fuzzy.  Langsung aja simak di bawah ini.
Berbicara mengenai Logika Fuzzy, maka ada dua kata yang harus kita tau terlebih dahulu yaitu:
Apa Itu Logika?
sumber: Wikipedia


Logika merupakan pertimbangan akal pikiran yang diutarakan lewat kata dan dinyatakan dalam Bahasa. Jadi logika merupakan pola pikir yang dapat menguraikan atau membayangkan suatu masalah dengan cara sendiri yang kemungkinan besar bisa dinyatakan benar dan juga bisa salah.
Apa Itu Fuzzy?
sumber wikipedia

Fuzzy merupakan salah satu metode Boolean yang berhadapan dengan konsep kebenaran sebagian.
Setelah kita mengetahuai apa itu Logika dan apa itu Fuzzy, maka Logika Fuzzy merupakan suatu cara atau metode yang tepat untuk memetakan suatu ruang input ke dalam suatu ruang output.
Contoh:
1.       Tamu berkata kepada pelayan seberapa manis minuman yang diinginkan, pelayan akan menambahkan lebih banyak gula.
2.       Penumpang taxi berkata pada sopir taxi seberapa cepat laju kendaraan yang diinginkan, sopir taxi akan mengatur pijakan gas.
Mengapa Menggunakan Logika Fuzzy ?
ada beberapa alasan mengapa logika fuzzy digunakan yaitu:
1.       Konsepnya mudah dimengerti;
2.       Sangat fleksibel;
3.       Memiliki toleransi terhadap data-data yang lain dari pada yang lain;
4.       Mampu memodelkan fungsi-fungsi nonlinear yang sangat kompleks;
5.       Dapat membangun bagian teratas dari pengalaman-pengalaman para pakar;
6.       Dapat bekerja sama dengan teknik-teknik kendali secara konvesional didasarkan pada Bahasa alami
Himpunan CRISP
Himpunan CRISP adalah himpunan klasik yang telah dikenal secara umum untuk memebedakan anggotanya antara 1 dan 0. Aturannya seperti di bawah:
1.       Himpunan disimbolkan dengan huruf besar (ABP dll)
2.       Anggota (elemen) himunan disimbolkan huruf kecil ()a b c , x y dll)
3.       Hanya ada 2 nilai keanggotaan yaitu 1(anggota) atau 0 (bukan anggota
Himpunan Fuzzy
Himpunan fuzzyz diperkenalkan Zadeh (1965) himpunan ini memiliki 2 variabel yaitu:
1.       Variable numeris (misalnya 3, 50, 45 dst)
2.       Variable linguistic (misalnya TUA, MUDA dst)
Nilai keanggotan terletak dalam interval [0,1]







Previous Post
Next Post