Terimakasih
masih setia mengunjung blog ini, artikel yang anda tuju sekarang mengenai mata
kuliah kecerdasan Buatan, salah satu materi yang dibahas yaitu Logika Fuzzy.
Tentunya bagi anda yang lulusan
SMA dan masuk Perguruan Tinggi khususnya jurusan System Computer maupun Sistem Informasi
pasti terlintas bingung sekilas mendengar apa itu Logika Fuzzy. Nah untuk itu
penulis sudah sediakan materi mengenai Logika Fuzzy. Langsung aja simak di bawah ini.
Berbicara mengenai Logika Fuzzy,
maka ada dua kata yang harus kita tau terlebih dahulu yaitu:
Apa Itu Logika?
sumber: Wikipedia
Logika merupakan pertimbangan akal
pikiran yang diutarakan lewat kata dan dinyatakan dalam Bahasa. Jadi logika
merupakan pola pikir yang dapat menguraikan atau membayangkan suatu masalah
dengan cara sendiri yang kemungkinan besar bisa dinyatakan benar dan juga bisa
salah.
Apa Itu Fuzzy?
sumber wikipedia
Fuzzy merupakan salah satu metode Boolean
yang berhadapan dengan konsep kebenaran sebagian.
Setelah kita mengetahuai apa itu
Logika dan apa itu Fuzzy, maka Logika Fuzzy merupakan suatu cara atau metode
yang tepat untuk memetakan suatu ruang input ke dalam suatu ruang output.
Contoh:
1. Tamu
berkata kepada pelayan seberapa manis minuman yang diinginkan, pelayan akan
menambahkan lebih banyak gula.
2. Penumpang
taxi berkata pada sopir taxi seberapa cepat laju kendaraan yang diinginkan,
sopir taxi akan mengatur pijakan gas.
Mengapa Menggunakan Logika Fuzzy ?
ada beberapa alasan mengapa logika
fuzzy digunakan yaitu:
1. Konsepnya
mudah dimengerti;
2. Sangat
fleksibel;
3. Memiliki
toleransi terhadap data-data yang lain dari pada yang lain;
4. Mampu
memodelkan fungsi-fungsi nonlinear yang sangat kompleks;
5. Dapat
membangun bagian teratas dari pengalaman-pengalaman para pakar;
6. Dapat
bekerja sama dengan teknik-teknik kendali secara konvesional didasarkan pada Bahasa
alami
Himpunan CRISP
Himpunan CRISP adalah himpunan
klasik yang telah dikenal secara umum untuk memebedakan anggotanya antara 1 dan
0. Aturannya seperti di bawah:
1. Himpunan
disimbolkan dengan huruf besar (ABP dll)
2. Anggota
(elemen) himunan disimbolkan huruf kecil ()a b c , x y dll)
3. Hanya
ada 2 nilai keanggotaan yaitu 1(anggota) atau 0 (bukan anggota
Himpunan Fuzzy
Himpunan fuzzyz diperkenalkan
Zadeh (1965) himpunan ini memiliki 2 variabel yaitu:
1. Variable
numeris (misalnya 3, 50, 45 dst)
2. Variable
linguistic (misalnya TUA, MUDA dst)
Nilai keanggotan terletak dalam
interval [0,1]