Saturday, February 24, 2018

Penjelasan Mengenai Struktur TOP-LEVEl dan Struktur CPU Organisasi & Arsitektur Komputer



Dalam artitek ini penulis akan menjelaskan gambar dari struktur TOP-LEVEL dan Struktur CPU pada Organisasi dan Arsitektur Komputer. Untuk lebih jelasnya kalian harus tau apa itu struktur? Struktur adalah bagaimana cara masing-masing dari komponen dapat berhubungan satu sama lain. Di bawah ini ada 2 penjelasan mengenai struktur.
A.    Struktur TOP-LEVEL
Struktur TOP-LEVEl terdiri dari CPU (Central Processing Unit), Main Memory, Sistem Interconnection, dan Input Output.

1.      CPU
CPU (Central Processing Unit) merupakan sebuah perangkat keras computer yang memiliki kemampuan untuk memahami dan melaksanakan perintah yang dikirim oleh perangkat lunak computer. CPU sering disebut sebagai otak dari computer. CPU juga dapat menjalankan suatu proses dalam computer sehingga CPU dapat melakukan operasi aritmatika dan logika terhadap data yang diambil dari memori atau dari informasi yang dimasukan melalui beberapa perangkat keras seperti papan ketik, pemindai, tuas konntrol dan lainnya. CPU memiliki 2 bagian fungsi operasional yaitu ALU (sebagai pusat pengolahan) dan CU (sebagai pengontrol kerja computer).
2.      Main Memory
Main memory merupakan memori inti di dalam computer yang berfungsi sebagai media penyimpanan data dalam bentuk array yang disusun word atau byte. Data yang disimpan pada memori utama utama ini bersifat volatile yang artinya disimpan sementara.
3.      System Interconnection
System interconnection merupakan unit yang dapat mengontrol system antara perangkat yang saling berhubungan. System interconnection ini sebagai penghubung keseluruhan komponen computer dalam menjalankan tugasnya. Komponen tersebut meliputi CPU, main memori dan I/O.
4.      Input/Output
Input device merupakan perangkata keras computer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau perintah ke dalam computer. Output device merupakan alat keluaran yang menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data.  Keluaran dapat berupa hard-copy (ke kertas) soft-copy (ke monitor).
B.     Struktur CPU
Struktur CPU terdiri dari Registers, ALU, internal CPU interconnection dan Control Unit.

1.      Registers
Registers merupakan sebagian kecil memori yang berfungsi sebagai penyimpanan data internal CPU. Data yang terdapat dalam register dapat diproses dalam berbagai operasi dengan melihat berapa besar kemampuan register tersebut (8 atau 16).
2.      ALU ( Arithmatic Logical unit)
ALU merupakan komponen dalam system computer yang berfungsi melakukan operasi perhitungan aritmatika (penjumlahan dan pengurangan) dan logika (AND dan OR). ALU juga berfungsi untuk membentuk fungsi-fungsi pengolahan data computer berupa biner. ALU melakukan komputasi atau pengolahan data berdasar instruksi yang diberikan kepadanya.
3.      internal CPU interconnection
internal CPU interconnection merupakan sistem koneksi dan bus yang menghubungkan seluruh bagian dari CPU yaitu ALU, unit control dan register-register dan juga dengan bus-bus eksternal CPU yang menghubungkan dengan system alinnya seperti memori utama dan piranti masukan/keluaran.
4.      control Unit
control unit merupakan bagian dari CPU yang bertugas untuk memberikan arahan/kendali terhadap operasi yang dilakukan pada bagian ALU di dalam CPU tersebut. CU melakukan tugas untuk mengatur dan mengendalikan alat-alat input output, mengambil instruksi-instruksi dari memori utama, mengambil data dari memori utama jika diperlukan proses , mengirim instruksi ke ALU dan menyimpan hasil proses k memori utama.




Previous Post
Next Post