Monday, February 26, 2018

Jaringan Komputer Komunikasi Data (Data Communications) dan Jaringan (Network) - Chaper 1




1.       Komunikasi Data
Istilah dari telekomunikasi adalah komunikasi dari kejauhan. Kata data mengacu pada informasi yang disajikan dalam bentuk apapun yang disepakati oleh para pihak dan yang menciptakan dan menggunakan datanya. Komunikasi Data merupakan pertukaran data antara dua perangkat melalui beberapa bentuk media transmisi seperti kabel kawat.



2.       Data Flow (Simplex, Half-Duplex and Full Duplex)
a.       Simplex (satu arah)
Simplex merupakan komunikasi yang tidak memungkinkan penerima dan pengirim saling bertukar informasi. Pada komunikasi ini sinyal-sinyal dikirim hanya satu arah saja dalam waktu yang bersamaan. Karena melalui satu arah saja, komunikasi ini tidak terjadi secara interaktif, informasi hanya disampaikan melalui satu titik saja.



b.      Half-Duplex (dua arah secara bergantian)
Half-duplex merupakan  komunikasi yang memungkinkan komunikasi antara dua belah pihak yaitu pengirim dan penerima dapat saling berbagi informasi dan berkonukasi secara interaktif, tetapi tidak dalam waktu yang bersamaan.


c.       Full-Duplex (dua arah secara bersamaan)
Full-duplex merupakan komunikasi yang memungkinkan komunikasi antar kedua belah pihak dapat saling berbagi informasi dan berkomunikasi secara interaktif dan dalam waktu yang bersamaan. Alat komunikasi yang menggunakan metode ini adalah telephone, handphone, dan sebagainya. Umumnya alat yang memanfaatkan metode komunikasi ini menggunakan dua jalur komunikasi.

3.       Jaringan (Networking)
Jaringan adalah seperangkat perangkat (sering disebut sebagai node) yang dihubungkan oleh jalur komunikasi. node bisa berupa komputer, printer, atau perangkat lain yang mampu mengirim dan / atau menerima data yang dihasilkan oleh node lain di jaringan. Type dari koneksi jaringan ada dua yaitu Point-to-Point dan Multipoint
a.       Point to Point
Point to Point merupakan salah satu koneksi jaringan dari komputer/perangkat yang disambungkan ke satu perangkat/komputer saja baik menggunakan perangkat wireless maupun menggunakan kabel Lan saja.


b.      Multipoint
Multipoint merupakan satu komputer/perangkat yang dapat di sambungkan ke banyak komputer/perangkat dan biasanya jaringan ini digunakan pada area hotspot ataupun pada warnet. karena dari 1 server di sebar ke beberapa client.


terima kasih telah berkunjung, llengkapnya download PDF 



Previous Post
Next Post