Monday, February 26, 2018

Sifat Anonim Dalam Dunia Maya: Pengertian dan Dampak Positif Negatif dari Anonimitas Etika Profesi


Tugas 1
ETIKA PROFESI

Sifat anonim di dalam dunia maya
a.Pengertian dan jenis anonim didalam dunia maya
b.Dampak positif dan Negatif dari anonimitas
c.Contoh kasus anonimitas
Penyelesaian
a.Anonim adalah tanpa nama atau tidak diketahui,baik seseorang atau kelompok yang bertanggungjawab terhadap isi karya.Anonim tidak memberikan kesempatan pembaca untuk menentukan seberapa besar derajat kepercayaan mereka pada sumber bersangkutan.Atau suatu sifat yang merujuk pada ketidakjelasan /ketidakpastian identitas seseorang/suatu pihak.Ada dua jenis sifat anonimitas,yaitu true anonymity dan pseudo-anonymity.
1.True Anonymity
Jenis anonimitas ini adalah anonimitas yang tidak dapat dilacak.Hal ini mungkin secara kebetulan ataupun memang bertujuan untuk menyembunyikan identitas pengirim sehingga menjadi misteri bagi orang lain,identitas seseorang yang menggunakan jenis anonimitas ini sulit dilacak identitas aslinya.Sesorang atau sekelompok oknum yang menggunakan sifat ini tidak mencatumkan identitas sedikit pun.
2. Pseudo-Anonymity
Jenis anonimitas yang masih mungkin dapat dilacak identitasnya dikarenakan pemilik akun menggunakan nama samaran atau bukan nama asli.Seringklinya pseudo-anonymity menunjukan sifat atau prilaku aslinya.Salah satu maksud pemilik akun menggunakan nama samaran yaitu untuk mengalihkan pendapat atau opini seseorang atau sekelompok terhadap akun tersebut.Contohnya ,Samuel Langhome Clemens adalah nama asli pengarang terkenal yang melejit lewat nama samarannya ,Mark Twain,bahkan akhirnya nama samaran tersebut jauh lebih dikenal daripada nama aslinya.   
b.-à Dampak positif anonimitas ialah memberikan kesempatan kepada mereka yang merasa lebih nyaman menyembunyikan identitas diri dalam berkomunikasi.Dengan menjadi anonim,sesorang bebas mengungkapkan ha-hal yang sulit diungkapkan didunia nyata. Dengan menjadi anonim,seseorang bebas menjadi diri dengan “image” yang mereka inginkan,sesorang bebas berpatisipasi dalam suatu forum dengan minat tertentu,dan juga merasa menjadi bagian dari kelompok tersebut. Contravention / kontravensi adalah suatu motif proses sosial yang berada antara persaingan dengan konflik

       I.            Dampak negatif menimbulkan pertanyaan lebih serius,apakah informasi yang disuguhkan oleh akun anonim bisa dipercaya ? kalau bisa dipercaya bagaimana mengujinya.
    II.            Black campaign (Blackcampaign adalah suatu model atau perilaku atau cara berkampanye yang dilakukan dengan menghina, memfitnah, mengadu domba, menghasut atau menyebarkan berita bohong yang dilakukan oleh seorang calon atau sekelompok orang atau partai politik atau pendukung seorang calon terhadap lawan atau calon l ) baik terhadap personal maupun institusi. Berapa banyak informasi yang menjelek-jelekan seseorang atau suatu perusahaan yang beredar di dunia maya. Pihak-pihak yang dirugikan tersebut tak berdaya karena tak bisa menuntut siapa pelakunya, karena sifat anonym.( https://astayoga.wordpress.com/2010/03/19/karakteristik-media-komunitas-online/)
c.Beraktivitas dalam media sosial,banyak hal yang menggambarkan aktivitas anonim di media sosial.Misalnya,bertanya tentang apapun di ask.fm yang menyediakan fitur anonim bagi para penanya,berkomentar positif maupun negatif di instagram orang lain,berbagi suatu tulisan atau gambar yang belum jelas keakuratannya seperti akun-akun di line yang mengatasnamakan  agama,tindakan-tindakan kriminalitas seperti kasus penculikan melalui chat facebook.


Previous Post
Next Post